Kamis, 12 Desember 2019

Shodaqoh atau sedekah ialah salah satu bagian dari umat Islam yang wajib untuk diamalkan sebagai bentuk amal saleh beserta ibadah hanya kepada Allah SWT. Akan tetapi pada prakteknya banyak sekali di antara kita tidak memperhatikan adab adab ketika pelaksanaannya.

Inilah Penjelasan Tentang Hukum Sedekah Jariyah Online

Selain itu, sedekah bisa dilaksanakan secara online sebab banyak sekali aplikasi sedekah online dan wakaf online. Yang pastinya tetap menjadi salah satu amal jariyah yang perlu dijalankan oleh setiap umat muslim mengingat tidak akan pernah putus meskipun sudah tidak berada di dunia sekalipun.

Nah, berikut ini adalah beberapa adab dalam Islam ketika bersedekah:


Mempunyai Niat Yang Ikhlas

Dalam hadis riwayat Al Bukhari dan Muslim Rasulullah SAW bersabda sesungguhnya semua amal akan tergantung pada niat, seseorang hanya akan memperoleh sesuai dengan apa yang diniatkan.

Jadi akan lebih baik jika Anda melakukan sedekah dengan niat karena Allah SAW dan juga mengharapkan ridho nya. Jangan sampai Anda melakukan sedekah dikarenakan riya' atau pamer karena mengharapkan pujian dari orang lain karena hal tersebut akan menggugurkan pahala sedekah yang dilakukan.

Mempelajari Fiqih Mengenai Sedekah

Seorang muslim juga memiliki kewajiban mempelajari perihal yang berhubungan dengan sedekah, seperti halnya mana yang wajib diberikan sedekah dan juga mana bersifat sunnah. Belajar mengenai fiqih sedekah sangat dianjurkan dipelajari sebelum melakukan sedekah. Untuk bisa mengerti bagaimana fiqih dari sedekah bisa bertanya kepada guru agama dengan membaca dan lain sebagainya.


Sedekah Dari Harta Terbaik Dan Halal 

Dalam Qur'an surat Ali Imron ayat 92 menjelaskan mengenai anjuran bagi umat muslim untuk mengeluarkan hartanya dari hasil usaha yang baik dan tidak boleh melakukan sedekah dari harta yang buruk. Karena Allah memang menyukai dan menerima hal-hal yang baik saja.

Tidak Menampakan Sedekah

Untuk adat yang selanjutnya ketika melakukan sedekah yakni dengan cara merahasiakannya sebab hal tersebut akan dapat menjaga keikhlasan kehormatan dan harga diri dari orang yang diberi sedekah. Selain itu, adab merahasiakan sedekah ini tentunya akan menghindari dari yang namanya pamer atau riya', dan hal tersebut sudah dijelaskan pada Quran surat Al Baqarah ayat 271.
Akan tetapi ketika terdapat maslahat yang mana mewajibkan untuk sedekah tersebut seperti digunakan motivasi, contoh, dan juga pengajaran maka boleh untuk menempatkan sedekah dengan selalu menjaga keikhlasan. Sehingga pemilihan sedekah online adalah hal yang paling tepat.

Memberikan Sedekah Kepada Orang Yang Berhak Atau Yang Membutuhkan
Agar terlihat sangat dianjurkan memberikan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan sehingga dapat menjaga mereka dari adanya perbuatan yang haram contohnya mencuri.

Melakukan Sedekah Terdapat 3 Unsur
• Orang yang memberikan sedekah.
• Orang yang diberikan sedekah.
• Terakhir adalah harta yang ingin disedekahkan.

Sebetulnya dari ketiga unsur dalam sedekah tersebut memang telah ditata serta memenuhi syarat sehingga seharusnya tidak ada masalah lagi. Akan tetapi jika dilaksanakannya secara tatap muka maka pembacaan dari akar pun masih bisa langsung dilakukan.

Akan tetapi jika masalah pemberian sedekah tersebut dilaksanakan secara online mengenai masalah pembacaan akad pun bisa juga tidak dilaksanakan. serta untuk mengetahui apakah sedekah yang dilakukan sah ialah seorang pemberi harus benar-benar ikhlas serta yang diberikan pun juga tahu darimana harta yang dihasilkan apakah betul betul halal.

Bagaimana Hukum Sedekah Jariyah Dalam Pelaksanaan Secara Online?
Didalam ilmu fiqih terdapat sebuah ilmu mengenai masalah tentang sedekah yang mana ilmu fiqih tersebut mengikuti bagaimana perkembangan perkembangan dari zamannya. Sebetulnya dalam pemberian sedekah secara online memang ada beberapa cara-cara yang mana tidak perlu adanya tatap muka di antara pemberi sedekah dan penerima sedekah.

Dan yang paling penting adalah seorang bersedekah harus membuat akun terlebih dahulu, agar bisa mentransfer sejumlah uang untuk disedekahkan melalui badan Amil. setelah itu pembacaan akad akan diganti dengan sertifikat serah terima dari sedekah tersebut dengan menggunakan SMS ataupun email.

Tentu tidak ada masalah dalam pemberian sedekah melalui online bukan? Jadi, tunggu apalagi? Segera lakukan sedekah online dengan mudah dan cepat.


EmoticonEmoticon